17 Jan 2014

Menambah Kapasitas ROM di hTC Wildfire S


langsung saja lah daripada basa-basi dan cerita panjang lebar tentang ini itu yang nda jelas mendingan to the point saja. loh ini masalahnya apasih ko` langsung to the point?, yach masa` ngga` tau sich ini lo tentang tips menambah kapasitas ROM di hTC wildfire S.
oke semuanya, sudah tau belum apa itu ROM?, ROM atau Read Only Memory yaitu tempat penyimpanan yang katanya hanya bisa dibaca. tapi kenyataannya sekarang ROM juga bisa ditulisi tidak hanya dibaca.
dilihat di situsnya gsmarena.com, ROM untuk hTC wildfire S cuman 418 MB, dengan kapasitas sekecil itu mana cukup buat kita yang install banyak aplikasi apalagi dengan HP kesayangan aku ini, tentu harus banyak aplikasi yang aku install terutama aplikasi sosial media donk. terus  mesti gimana donk?, gampang banget ko` tinggal beli memory SDCard saja. 
yach kali ini kita akan menjadikan memory eksternal sebagai memory internal atau ROM di hTC wildfire S. terus gimana caranya:
1. hTC wildfire S harus sudah di unlock bootloadernya (cari saja tutorialnya di google)
2. hTC wildfire S harus sudah di root (cari saja tutorialnya di google juga), kalau sudah ter-root akan ada icon android hijau di aplications seperti ini:
3. sekarang kita matikan atau turn off dulu hTC wildfire S nya.
4. tekan tombol volume - dan tombol power secara bersamaan, jangan dilepas dulu samapai ada tanda getar dari handphone dan kemudian akan masuk ke recovery mode-nya.
5. sekarang sudah masuk di recovery modenya: tampilannya kayak gini:

6. gunakan tombol volume - dan volume + untuk berpindah pilihan dari atas kebawah, dan kemudian gunakan tombol power untuk memilihnya.
7. pilih advanced dan kemudian pilih partition SD Card 
8. nah kemudian pilih jumlah kapasitas memory internal yang kamu mau dari SD card nya dan juga jumlah memory Swap nya berapa kamu mau.
"dalam hal ini, aku menggunakan memory SD card 1 GB, dan aku gunakan untuk ROM 512MB kemudian untuk Swap 256MB, jadi sisanya sekitar 256MB aku gunakan untuk penyimpanan foto, lagu, video DLL".
9. oke jadi secara tidak langsung SD Card kita sekarang tinggal 256MB saja. dan ROM atau memory internal kita sudah menjadi 418 + 512 = jawab sendiri, terus yang 256 untuk swap sebagai tambahan dari RAM. jadi RAM + 256MB Swap = jawab sendiri juga.
10. oke kalau sudah, pilih ++Go Back++ dan kemudian pilih reboot system now.
11. nah sekarang kita saatnya install aplikasi ampuh untuk menjadikan nantinya aplikasi yang kita install beralih ke momory tempat kita mempartisi tadi.
12. namanya link2SD.apk  download saja banya di internet bro. 
13. kalau sudah di install link2SD nya jangan lupa dijalankan, akan ada pilihan disitu, biarkan saja begitu dan pilih saja OK.
14. setelah itu restart dulu hTC Wildfire S nya, sesuai petunjuk link2SD.
15. begitu hTC kembali ON, coba install beberapa aplikasi yang kamu suka.
16. nah kalau sudah di install aplikasi kesukaan kamu, buka dulu link2SD baru pilih aplikasinya, dan kemudian pilih create link

17. oke, dengan begitu maka kita akan bisa lebih banyak menginstall lagi aplikasi bro.

 kalau masih belum faham, kirim saja pesan di emailku bro : fatur.mikronika@gmail.com

0 comments:

Post a Comment