19 May 2013

Elektron : Si Robot Pemadam Api



Cerita berawal sejak saya pertama kali menginjakkan kaki di kampus teknik universitas negeri makassar, tepatnya di jurusan pendidikan teknik elektronika.

Sejak pada waktu masih mahasiswa baru, senior-senior memperkenalkan beberapa organisasi di kampus, mulai dari yang inilah yang itulah buanyak banget jenis organisasi nya sampe-sampe aku jadi pusing...hehe he he he..

Terus terang saja sebenarnya aku ngga` bisa dan ngga` mungkin ngambil semua, jadi aku fikir-fikir dulu sampe akhirnya menitikberatkan pada salah satu organisasi, yaitu tim robotron

Nah untuk masuk di tim robotron ini cukup sulit juga, karena kami harus melakukan beberapa seleksi baik itu tes, wawancara, dll, yang jelasnya cukup menegangkan, tapi ahirnya kau lulus juga...he he he he

Semenjak menjadi anggota baru aku cukup aktif (3 tahun yang lalu), kami banyak diajarai tentang cara membuat robot mulai dari desain mekaniknya, rangkaiannya, dan pemrogramannya. Alhamdulillah kini sedikit banyak aku juga menjadi tahu.

Tahun lalu dalam kontes robot nasional, untuk kategori robot pemadam api beroda aku coba membuat sebuah robot yang akan diikutkan kontes, elektron namanya. Kenapa aku namani elektron?, elektron itu ada kepanjangannya : "elektronika tim robot unm", waktu itu kontesnya di adakan di kampus politeknik unhas, dengan biaya pembuatan robot yang nda sedikit, dan akhirnya si elektron hanya bisa finish di urutan ketujuh dari 32 peserta.
Kini sudah satu tahun berlalu, si elektron sudah tidak berdaya lagi, kenapa bisa?, karena si elektron harus dibongkar ulang lagi, maklum untuk kontes ditahun ini kami tidak mempunyai cukup uang untuk membeli akat lagi, jadi dengan desain robot yang baru, komponen si elektron di ambili..

He he he, ngga` apa-apalah yang penting ini sudah jadi usaha...



1 comments: