20 Feb 2014

Pesan dari tukang service Part I

salam malam buat semua yang telah berkenan singgah dan membaca sedikit artikel dari blog aku. oke kali ini aku mau bercerita suka dukanya jadi tukang service, sumpah ini kisah nyata dan nda ada rekayasa didalamnya, caelah kayak film saja.
sebenarnya jadi tukang service tu niat dalam hatinya itu baik, hanya sekedar ingin menolong sesama manusia yang sedang membutuhkan pertolongan dan dalam keadaan yang sulit. tapi terkadang juga tidak semua menilai sama. akupun juga kadang-kadang berfikir begitu. kalau lagi sepi servisan. "kapan lagi yach ada barang rusak yang bisa aku perbaiki" pikirku dalam sekejap. tapi tenang saja itu bukan Do`a ko`. niat awal tetap ingin membantu.

oke, ini tips dari saya:
* buat yang pengen upgrade android, saran saya mesti dipertimbangkan dulu mateng-mateng. okelah nda apa-apa kalau memang itu barang milik sendiri, tapi kalau itu punya orang lain gimana?, kalau ada apa-apa gimana?, resiko sudah mesti jadi tanggungan.
1. pertama, backup dulu semua data-data yang ada di HP android (memory telpon saja). misal Foto, kontak, SMS, aplikasi, atau yang lainnya. caranya colokin saja kekomputer HP nya, jangan lupa install dulu driver samsungnya (download dan install saja samsung kies). gunain aplikasi wondershare mobile Go di komputer, download saja di internet banyak.
2.kedua, pasti-in dulu seri androidnya, ingat kalau masih 2,2 (froyo) kebawah, jangan sekali-kalai upgrade langsung ke 4.0 (ICS) ke-atas atau pakaikan CWM. ini bisa bikin HP jadi Brick (mati Suri) jadinya HP ga bakalan bisa dipake, mesti diupgrade dulu dari 2,2 (froyo) ke 2,3 (ginger breads) pake aplikasi dari komputer. seperti Odin dan yang lainnya.
3. ketiga, jangan lupa backup dulu ROM aslinya dari HP kamu, dalam kasus ini intall dulu CWM baru lakukan backup lewat CWM atau recovery mode. simpan baik-baik hasil backup-annya kalau sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal restore saja. 
4. keempat, ini yang paling ekstrim. ROM yang digunakan untuk mengupgrade android HP, mesti yang dari sumber bener-bener, jangan sampai ROM dengan BUG banyak yang digunakan. usahakan sebelum didownload dari internet baca baik-baik comment orang yang pernah mendownload sebelumnya. ingat: ini penting!. kalau sampai salah bisa-bisa kaak gini.
ini adalah satu dari beberapa masalah yang bakalan dihadapi oleh tukang service. ingat jangan sampai ceroboh dan mesti hati-hati dalam melakukan segala hal. resiko akan selalu ada dalam setiap pekerjaan.








* buat yang pengen software Blackberry atau upgrade OS nya
ingat kalau HP ini punya orang, mesti hati-hati dalam bekerja.
1. jangan asal software saja, backup dulu kontak BBM dan kontak telponnya. jangan sampai lupa.
2. pastikan tidak ada kegagalan dalam setiap langkah ketika nge flash, karena bisa saja akan membuat HP BB menjadi Brick atau mati suri.
3. pastikan software OS yang di download sesuai dengan seri dan tipe HP. ingat HP BB punya vendor tertentu dalam kerjasamanya. jadi itu yang harus diperhatikan juga.

* buat kamu yang make produk dari apple (apel) yang kegigit sedikit di logonya
niat pengen sedikit tampil beda jangan sampai menyiksa diri.
1. kalau punya gadget dari apple, jangan sampai terlupakan akun dan passwordnya App Store dan iCloud. kalau perlu catat di dinding kamar mandi supaya diingat terus.
2. untuk iOS 7.0 keatas ada yang namanya security by Imei. jadi gadget kalau sampai terlupa akun dan password iCloud akan terkunci, dan aktifkanya butuh uang yang nda sedikit.
3. keseringan gunain aplikasi yang gratis tapi sebenarnya berbayar, akan menjadikan gadget menjadi itunes stock logo alias muncul saja icon itunes di layar. ongkosnya juga lumayan

itu saja sedikit tulisan dari saya, semoga dapat membantu..











0 comments:

Post a Comment